Home » article » WAYAN SUBADRE : RANCANGAN PTK BERSIFAT DINAMIS

WAYAN SUBADRE : RANCANGAN PTK BERSIFAT DINAMIS

Ide penting saya dapatkan pada minggu 1 terkait PTK adalah:
1. Pertanyaan penelitian merupakan titik awal kita dalam merancang sebuah rancangan PTK dan bersifat dinamis, sehingga tidak masalah jika pertanyaan penelitian berbeda pada setiap siklus.
2. Subyek penelitian tidak harus seluruhnya sebagai sampel dalam penelitian. Pengetahuan sebelumnya saya dapatkan bahwa seluruh subyek penelitian PTK merupakan sampel dalam penelitian tersebut. Namun hal berbeda dan sangat bertolak belakang saya ketahui dalam sesi ini. Dan sangat masuk di akal bahwa tidak mungkin kita mengamati subyek yang sangat banyak.
3. Pelajaran yang paling penting dan sangat berharga saya dapatkan adalah bagaimana langkah-langkah mereviu sebuah literatur sebagai pendukung argumen kita.

Hal lain yang patut saya teladani dan merupakan pengalaman penting adalah sebuah tata kota yang sangat menakjubkan dibangun dengan perencanaan yang matang dan sebuah budaya berjalan kaki yang sangat baik kita terapkan. Disamping itu, kecintaan penduduk Ausie terhadap lingkungan sangat tinggi perlu menjadi motivasi bagi kita dalam memelihara kebersihan (@ismail).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>