Home » article » School Visit

School Visit

Pelatihan ELPSA yang diikuti oleh guru dan pendamping tidak hanya berlangsung di Univeristas Canberra. Beberapa program yang telah disiapkan oeh panitia di Canberra adalah kegiatan kunjungan  sekolah (School Visit) ke beberapa sekolah dalam waktu yang berbeda yaitu ke Telopea Paelpsa5rk School, Alfred Deakin High School, Radford College, dan Lyneham High School.

Program ini cukup menarik, karena dengan school visit guru tidak hanya datang melihat dan belajar tetapi sekaligus rekreasi. Bisa melihat Canberra dalam cakupan wilayah lebih luas dengan segala keindahan, keunikan dan hal-hal luar biasa lainnya dari Canberra.

School Visit atau kunjungan ke sekolah menjadi semakin menarik,    karena guru dan para pendamping dapat melihat sesuatu yang mereka jalani sehari-hari yaitu mengajar pada  sekolah masing-masing  di NTB  tetapi dalam versi yang berbeda berupa  aktivitas mengajar yang dilakukan oleh guru Australia dengan latar belakang dan budaya yang pasti berbeda dengan guru Indonesia.

Lalu apa hasil dari kunjungan tersebut? Ternyata banyak sekali hal penting yang dapat dicontoh lalu diterapkan oleh guru saat kembali ke Indonesia. Guru matematika di SMPN 1 Brang Ene, Suci Kurnia, M.Pd. mengatakan “Budaya angkat tangan tanpa ada suara saat menanyakan sesuatu kepada guru meruapakan hal sederhana tetapi menjadi perhatian bagi saya pribadi”. Menurut M. Mizan Fatahullah, ST. dari MTs Sila Bima “Guru selalu memberi apresiasi yang bagus atas jawaban siswa sekalipun salah”. Sementara Nurfitriyani, S.Pd dari SMPN 3 Soromandi mengungkapkan “Guru tidak pernah meninggalkan kelas walaupun sebentar dan tidak mengerjakan aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan pembelajaran saat di dalam kelas”. Dengan komnetar yang hampir sama diungkapkan oleh Hindun, S.Pd., guru matematika dari MTs NW Sikur juga berkomentar “Guru mengemas pembelajaran menjadi sangat menarik melalui permainan”. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>