Home » article » Penutupan MGMP ELPSA Wilayah Barat Kabupaten Sumbawa

Penutupan MGMP ELPSA Wilayah Barat Kabupaten Sumbawa

3

SMPN 1 Utan telah sukses melaksanakan kegiatan MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Barat Kabupaten Sumbawa. Sekolah ini adalah tempat berlangsung kegiatan MGMP Matemtika Program ELPSA tahun 2017.  Pada penutupan kegiatan MGMP Matematika dihadiri oleh Dr.Gunawan M.Pd selaku project manager ELPSA,  hadir juga beberapa coorteam  ELPSA antara lain;  Ade Kurniawan,M.Pd, Sanapiah, M.Pd salah satu dosen IKIP Mataram yang sedang melakukan penelitian tentang uji coba RPP ELPSA dengan materi Statistika sebanyak 6 RPP. Turut juga hadir dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa  yaitu Karwo, M.Pd selaku Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa sekaligus penanggungjawab kegiatan MGMP ELPSA, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Utan Suarto,S.Pd  berserta  para bapak dan ibu guru peserta MGMP Matematika SMP/MTs Wilayah Barat Kabupaten Sumbawa sebanyak 21 orang.

Rangkaian kegiatan penutupan diisi dengan beberapa sambutan dari para tamu undangan. Sambutan pertama dari kepala sekolah SMPN 1 Utan Bapak Suarto,S.Pd menyampaikan “rasa terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang telah diberikan karena telah menujuk SMPN 1 Utan, sebagai tempat kegiatan MGMP  dan  meminta maaf jika selama kegiatan pelayanan yang di berikan kurang memuaskan baik  bagi peserta maupun coorteam,  semoga apa yang telah didapatkan selama di MGMP dapat diterapkan di sekolah masing-masing”

Sambutan selanjutnya dari project Manager ELPSA Dr.Gunawan,M.Pd, mengatakan “kegitatan MGMP Matematika Program ELPSA  untuk melatih guru  melakukan penelitian apa yang didapatkan di dalam kelas. Disamping itu bagaimana membuat siswa-siswa agar apa yang dipelajari jadi menyenangkan, melatih mereka untuk berpikir”.

Pak. Gun sapaan akrab untuk Dr. Gunwan, sedikit bercerita tentang suka duka dari program ELPSA. Pada awalnya program ini dibuka secara online dengan syarat guru matematika yang fasih dan atau bisa berbahasa inggris namun selama 3 bulan tak ada seorangpun yang mendaftar. Setelah persyaratan kemampuan bahasa inggris dihilangkan 2 hari kemudian sebanyak 175 orang sudah mendaftar di Program ELPSA.

Sambutan terakhir dari dinas pendidikan kabupaten sumbawa, Karwo M.Pd menyampaikan, rasa terima kasih karena telah dipercaya sebagai penanggung jawab kegiatan MGMP ELPSA di  Kabupaten Sumbawa. Program ELPSA sebagai wadah untuk pengembangan bapak dan ibu guru khusunya guru matematika, memanfaatkan peluang yang  didapatkan agar menjadi guru yang inovatif dan kreatif

Harapan semua pihak, kegitan penutupan bukan akhir dari segalanya. Apa yang telah para guru dapatkan dapat diterapkan pada sekolah masing-masing. Besar harapan semua pihak program ELPSA dapat terus dijalankan.

(Indri & Emmi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>