Home » article » Pemanfaatan Grup Facebook ELPSA Matematika

Pemanfaatan Grup Facebook ELPSA Matematika

Contoh RPP tentang Kesebangunan yang dirancang oleh Muhamad Qazuani, salah satu peserta MGMP

Contoh RPP tentang Aljabar yang dirancang oleh Muhamad Qazuaini, salah satu peserta MGMP

Grup facebook ELPSA sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi antar leading teacher, UC team, reviewer, core team, management team dan peserta MGMP. Termasuk juga sebagai media untuk berdiskusi mengenai tugas on service learning modul 2 yang sedang dikerjakan oleh peserta MGMP. Peserta MGMP merancang RPP individu berkerangka kerja ELPSA dengan bekal pengetahuan di modul 1, Teori ELPSA dan modul 2, Desain Pembelajaran ELPSA, selanjutnya diimplementasikan di kelas masing-masing. Rancangan RPP ELPSA yang dibuat oleh peserta MGMP dapat diposting di grup facebook ELPSA kemudian anggota lain di grup dapat memberikan komentar, saran ataupun kritik.

Seperti yang dilakukan oleh salah seorang peserta MGMP, Muhamad Qazuaini dari Kabupaten Lombok Tengah. Guru SMPN 6 Kopang ini memposting RPP ELPSA untuk kelas VII materi aljabar yang dirancang kemudian peserta lain ataupun leading teacher dan core team memberikan saran.

Sedikit memberi masukan, jika diawal sudah meletakkan komponen E, maka pada kegiatan inti tidak perlu lagi . terima kasih”, saran dari salah satu core team, Pak Yusuf.

 

Diskusi dalam Grup Facebook ELPSA

Diskusi dalam Grup Facebook ELPSA

Salah satu diskusi menarik lainnya adalah tentang Modul 3 Asesmen dalam Kerangka Pembelajaran ELPSA. Salah satu peseta MGMP, Multazam dari SMP IT Arrisalah Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, melalui akun facebooknya dengan nama Abdullah Alkhazini memposting pertanyaan mengenai Asesmen pada ELPSA.

Apakah selalu ada relasi antara Asesmen pada guru dengan Asesmen pada siswa…?”,pertanyaan yang disampaikan oleh Multazam.

Berbagai jawaban diberikan oleh leading teacher  hingga reviewer. Sebagian besar berkomentar bahwa asesmen pada guru berkaitan dengan asesmen pada siswa. Seperti komentar yang disampaikan oleh Muhammad Nazri, Asesmen bertujuan untuk memperbaiki diri sendiri. Sebagai guru kita dituntut untuk terus berkembang. Salah satu cara kita mengetahui guru telah berkembang dengan asesmen. Sependapat dengan itu, Kusnadin menambahkan yang lebih utama adalah prosesnya harus benar-benar baik dan sesuai dengan nilai-nilai pendidikan.

Diskusi mengenai RPP dan modul MGMP bisa menjalin keakraban dengan peserta MGMP yang baru terlibat dalam project GPFD ini. Sehingga selama pelatihan antara peserta MGMP dengan leading teacher tidak terkesan kaku dan lebih santai namun materi tentang ELPSA dapat tersampaikan dengan baik. (RAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>