Home » article » Pelatihan Guru Matematika SMP/MTs Tahap VIII

Pelatihan Guru Matematika SMP/MTs Tahap VIII

Pelatihan Guru Matematika SMP/MTs Tahap VIII

Pelatihan ini merupakan pelatihan terakhir pada proyek GPFD “Promoting Mathematics Engagement and Learning Opportunities for Disadvantaged Communities in West Nusa Tenggara (NTB) Indonesia” Guru peserta pelatihan adalah seluruh leading teacher, peserta cohort IA dan IB. Memasuki tahun ke empat, pengembangan profesionalisme melalui pelatihan ini diakui oleh semua peserta memberikan banyak manfaat dan pengalaman.  Begitu pula dengan pelatihan terakhir ini tidak ingin disia-siakan oleh para guru.

Materi pelatihan tahap VIII adalah Spatial Reasoning (SR) atau penalaran spasial. Beberapa guru berbagi pengalamannya terkait SR, selanjutnya Siti Rokhmah menjelaskan tentang definisi SR. Bagaimana membangun SR, dan contohnya. Para guru diajak melakukan kegiatan di luar ruangan. Aktivitas yang dilakukan adalah berburu harta karun, mencari jalan, dan mengambil gambar perspektif. Semua aktivitas tersebut untuk memperdalam pemahaman tentang SR. Menurut Ahmad Juaini, S.Pd. Aktivitas yang paling menarik adalah berburu harta karun. Lain halnya menurut Anti Indrayanti, S.Pd., aktivitas yang paling menyenangkan adalah mengambil gambar perspektif.

Kegiatan pelatihan tidak melulu duduk di dalam kelas tapi dilakukan di luar kelas. Hal ini bisa menjadi inspirasi mengajar agar siswa tidak bosan dan tetap semangat belajar. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>