Home » article » MENJADI GURU REFLEKTIF

MENJADI GURU REFLEKTIF

Melanjutkan materi PTK  pada  sesi pertama dari Prof. Tom Lowrie, di sesi kedua peserta dilatih menjadi guru reflektif. Tujuan utama sesi ini adalah membangun rasa percaya diri  guru dalam melakukan PTK. Guru reflektif berarti guru memiliki kemampuan untuk mengevaluasi diri sendiri terutama saat mengajar, baik kekurangan untuk perbaikan maupun kelebihan untuk dipertahankan.  Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih diri menjadi guru reflektif adalah memikirkan kembali apa yang terjadi pada saat mengajar lalu menuliskannya (Rewriting).elpsa3

Pada sesi ini dua orang guru mempresentasikan video pengajarannya. Video pertama adalah milik Ibu Dini Perwitasari, S.Si. guru matematika dari SMPK Kesuma Mataram. Video kedua dari Ibu Emmi Suhaemi, S.Pd., guru matematika di SMPN 1 Utan. Setelah video tersebut ditayangkan, Robyn Lowrie memberikan satu refleksi bahwa guru seharusnya meminta siswa mengangkat tangan saat ingin menjawab. Menurut Ibu Emmi yang telah mengajar selama 23 tahun, selama ini siswa biasanya menjawab bersama-sama, beliau menyadari jika siswa mengangkat tangan dan menjawab satu per satu maka guru dapat mengidentifikasi siswa yang sudah mengerti atau belum. Ibu Emmi sangat berterima kasih karena telah dipercaya untuk menampilkan video pengajarannya sehingga dapat mengetahui bagaimana menjadi guru reflektif.

Dr. Sitti Maesuri Patahuddin melalui akun facebooknya mengungkapkan bahwa untuk menjadi guru reflektif dapat dilakukan dengan cara merancang pembelajaran yang lebih eksplisit dan kaya konten Matematika. Gunakan video pengajaran, merekam diri saat mengajar lalu amati video tersebut dan identifikasi karena video pengajaran adalah sumber belajar yang sangat kaya.  (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>