Home » article » Manfaat Pemutaran Kembali Video Pembelajaran Oleh Ibu Emmi Suhaimi

Manfaat Pemutaran Kembali Video Pembelajaran Oleh Ibu Emmi Suhaimi

bu emmiPada sesi materi “Menjadi Guru Reflektif” saat pelatihan di  universitas Canberra.  Saya diberi kesempatan  untuk memainkan video pengajaran yang sebelumnya saya lakukan di sekolah. Ini untuk mengetahui bagaimana menjadi guru reflektif.  Coba bayangkan, apa pernah terlintas didalam pikiran kita sebagai seorang guru bahwa proses pembelajaran yang kita lakukan akan berdampak pada siswa?

Sebelumnya saya tidak pernah berpikir bahwa apa yang selama ini saya lakukan di kelas harus direfleksikan kembali untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. Oleh karena itu saya mencoba menonton kembali video pembelajaran yang  telah saya lakukan, harapan saya untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya dan ternyata penggunaan video dalam proses belajar mengajar sangat bermanfaat.

Menonton kembali video yang sudah kita rekam sebelumnya. Membuat saya dapat mengamati kelebihan dan kekurangan dalam mengajar. Disamping itu, banyak momen penting dalam proses pembelajaran yang tidak dapat diulang kembali. Saya dapat mengetahui siswa yang aktif dan tidak aktif. Aktifitas ini tidak bisa saya perhatikan saat saya membimbing beberapa kelompok di kelas. selain itu dengan memutar video, saya dapat melihat siswa yang sering mengangkat tangannya. Beberapa kejadian yang saya alami, saya tidak memberikan siswa menjawab pertanyaan padahal mereka sudah mengangkat tangan.

Memutar kembali video mengajar juga membuat saya mengetahui siswa yang sudah paham atau tidak tentang  apa yang saya ajarkan. Saya mampu mengetahui siswa mana yang berani mengungkapkan apa yang mereka ketahui atau belum diketahui sehingga saya dapat melihat ketuntasan belajar. Saya juga dapat merefleksi diri sendiri apakah materi yang dijelaskan sudah sesuai atau belum dengan tujuan pembelajaran hari ini dan juga sebagai perbaikan  diri untuk pembelajaran berikutnya.

video pembelajaran

Pada pelatihan yang kami ikuti diharapkan menerakan budaya angkat tangan jika ingin menjawab pertanyaan dari guru  ataupun ingin bertanya. Sehingga kelas tidak rebut  karena dengan mengangkat tangan guru dapat mengidentifikasi siswa mana yang mengerti dan yang belum mengerti.

Dr. Rahmah Johar melalui akun facebooknya,  menyatakan bahwa menonton ulang video pembelajaran memberikan kesempatan bagi guru untuk dapat melihat pembelajaran dengan sudut pandang yang luas karena guru tidak lagi fokus untuk melaksanakan pembelajaran. Demikian juga Dr.Sitti Maesuri Patahuddin melalui akun facebooknya, mengungkapkan bahwa untuk menjadi guru reflektif dapat dilakukan dengan cara pembelajaran yang lebih eksplisit dan kaya konten matematika, gunakan video pengajaran merekam diri saat mengajar lalu amati video tersebut dan identifikasi karena video pengajaran adalah sumber belajar yang sangat kaya. Oleh karena itu untuk perbaikan pengajaran guru dapat memanfaatkan video pembelajaran untuk merefleksi diri dalam perbaikan pembelajaran. (indri)

Diambil dari: https://emmiutan.blogspot.co.id/2018/01/manfaat-pemutaran-kembali-vidio.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>