Home » flashnews » Menjawab Tantangan dalam Pembelajaran Matematika SMP

Menjawab Tantangan dalam Pembelajaran Matematika SMP

Seusai mengikuti Pelatihan Tahap I, guru-guru diminta untuk melakukan uji coba RPP Core Team. Uji coba ini memberikan tantangan tersendiri kepada Apdwi Syaeruldinata karena mayoritas siswanya yang belum terbiasa terlibat secara aktif di kelas. Sedangkan, di sisi lain, RPP ber-framework ELPSA didominasi oleh catatan-catatan pengajaran yang memandu guru untuk selalu mendorong keterlibatan siswa dalam mengajukan pendapat, bertanya dan berdiskusi. Hal ini tidak lantas membuat Apdwi berkecil hati, karena melalui Pelatihan Pengembangan Profesionalitas Guru yang telah dilaluinya selama dua tahap dan juga kesempatan untuk mengujicobakan RPP rancangannya, ia dapat terus mengasah kemampuan pedagogi dan konten matematikanya.

Terlebih pada Pelatihan tahap II, ia berpendapat bahwa materi yang disajikan didominasi oleh praktik dan analisis video uji coba RPP.

DSC_0699

Apdwi Syaeruldinata merasa senang karena ia bersama rekan guru lainnya dapat memperoleh pengetahuan baru dan segar dalam hal pedagogi maupun konten matematika. Melalui pelatihan ini, ia merasa diberikan ruang yang cukup untuk melihat dan menelaah kembali bagaimana Matematika seharusnya diajarkan di kelas.