Home » article » GURU ADALAH PENELITI

GURU ADALAH PENELITI

Sampai di Canberra, guru dan para  pendamping tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri. Karena guru dan pendamping yang berangkat pada tahap I telah membagi pengalaman mereka selama di Australia.elpsa2 Karena itu di tahap ke II ini guru dan pendamping cepat beradaptasi dengan kondisi dan cuaca di Austrralia. Beragam rangkaian kegiatan telah disiapkan oleh tim di Canberra seperti penerimaan materi dari para pakar Universitas Canberra.

Materi pertama yaitu tentang  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disampaikan  Professor Tom Lowrie. Professor yang terkenal karena kepakarannya ini  menjelaskan dengan rinci tahap demi tahap bagaimana cara membuat PTK. Sebagai seorang guru, peserta tentu tidak asing lagi dengan PTK. Akan tetapi, sebagian besar guru belum berani mencoba membuat penelitian sederhana ini. Menurut para guru, memulai adalah tahap yang sulit karena kebingungan menentukan masalah yang akan diteliti. Professor Tom memaparkan tahap PTK yang biasa dilakukannya adalah refleksi, merencanakan, melaksanakan, dan observasi. Biasanya guru Indonesia melakukan refleksi di akhir tahapan. Jika refleksi tersebut dilakukan di awal, maka akan memudahkan peneliti mengidentifikasi masalah. Pada dasarnya PTK merupakan sebuah siklus sehingga peneliti bisa mulai dari tahap refleksi.

Misbahussurur, S.Pd., salah satu peserta dari SMPN 4 Taliwang mengatakan “Semakin banyak penjelasan materi yang saya terima, saya semakin banyak tahu, semakin penasaran, dan semakin banyak pertanyaan yang muncul di kepala”. Penjelasan materi juga diselingi dengan diskusi. Para guru aktif bertanya dan mengungkapkan kebingungan yang ada di kepala masing-masing. Maka sangatlah beruntung mereka dapat bertukar pikiran secara langsung dari ahlinya. Professor Tom berharap saat kembali ke Indonesia para guru bisa menjadi peneliti yang kritis. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>