Home » article » ELPSA Menginspirasi INOVASI

ELPSA Menginspirasi INOVASI

ELPSA Menginspirasi INOVASI

INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) merupakan program pendidikan yang fokus pada literasi dan numerasi di tingkat sekolah dasar. “Program ini juga diterapkan di NTB seperti ELPSA, di enam Kabupaten dengan tema berbeda, dan Kabupaten Sumbawa menjadi pilot project untuk matematika dengan program Pembelajaran Matematika Tingkat Awal (PERMATA)”, begitu ungkap Ibu Wasmiyati Bachri, M.Si., salah satu tim program INOVASI. Ibu Miya, sapaan akrabnya, menghadiri ELPSA Conference II bersama Bapak Arif, seorang Kepala Sekolah sekaligus fasilitator daerah (fasda). Ibu Miya menjelaskan kerangka ELPSA sangat mendukung program INOVASI. Beberapa orang leading teacher di program GPFD ELPSA pernah diundang menjadi nara sumber dalam pelatihan INOVASI, mereka memperkuat konten matematika dengan pembelajaran ELPSA. “Kami ingin ada champion local, sesuai dengan tagline kami mengatasi masalah lokal dengan solusi lokal, jadi adanya narasumber yang berasal dari kalangan guru itu sendiri kami harapkan bisa menginspirasi guru-guru target kami” paparnya.

Ibu Miya datang bersama timnya ke ELPSA Conference II untuk belajar. Banyak hal dari program ELPSA yang menginspirasi dan bisa diterapkan dalam INOVASI. Ibu Miya sedang mempelajari bagaimana menjaga kesinambungan program ELPSA melalui pendekatan MGMP karena INOVASI akan menerapkan hal yang sama melalui KKG. Selain itu, pembelajaran ELPSA yang dipresentasikan oleh panelis sangat menginspirasi, mereka menerapkan pembelajaran yang menggunakan media sederhana, tidak mahal, namun sangat bermakna. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>