Home » flashnews » ELPSA MENGESANKAN BAGI GURU

ELPSA MENGESANKAN BAGI GURU

Peserta yang satu ini selalu tampil enerjik, beliau adalah Drs. Bambang Firmanu Dwijopitoyo guru matematika SMP Alethia Mataram. Mengajar matematika sejak tahun 1990 menjadikan Pak Bambang banyak memiliki pengalaman dalam segala hal. Salah satunya adalah ketika siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. “Siswa biasanya kesulitan pada topik geometri dan aljabar” ungkapnya.

Lebih lanjut Pak Bambang mengungkapkan bahwa praktek  mengajar selama ini dengan cara menjelaskan rumus, memberikan bermacam-macam contoh, memberikan tugas, tetapi jarang menggunakan alat peraga. Kebanyakan siswa menganggap matematika abstrak.

Namun pada saat uji coba ELPSA ternyata respon siswa sangat berbeda. Terutama dengan adanya alat peraga dan siswa langsung yang menggunakan alat tersebut. Siswa merasa sangat senang.

Bambang-Firmanu-Dwijopitoyo

Drs. Bambang Firmanu Dwijopitoyo

Menurut guru senior di Kota Mataram ini,  ELPSA sangat berbeda karena ELPSA membuat matematika lebih praktis dan membuat siswa menyadari ada hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. “Dengan ELPSA, saya banyak belajar. Awalnya saya kesulitan membedakan antara komponen P dan S. Setelah uji coba, P dan S menjadi semakin jelas. Ditambah lagi dengan diskusi dengan reviewer di pelatihan ini. Maka untuk membuat RPP selanjutnya tidak terlalu kesulitan”, imbuhnya. (Ratna+IM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*