Home » article » ELPSA Learns How To Learn

ELPSA Learns How To Learn

Prof. Nurdin Arsyad adalah seorang ahli matematika yang sehari-hari mengajar di Universitas Negeri Makassar. Pada tahun keempat proyek GPFD, Prof. Nurdin turut serta sebagai reviewer dan selama ini telah banyak membantu dalam penyusunan modul MGMP dan modul matematika. Seperti saat ditemui siang ini, Prof. Nurdin sedang serius berdiskusi dengan tim modul. Di sela-sela diskusi tersebut, kami berkesempatan mewawancarai beliau.

Selama ini ELPSA diakui sangat berpengaruh positif pada pembelajaran matematika dan siswa tetapi membutuhkan waktu lebih banyak, seperti yang diungkapkan oleh beberapa leading teacher dan guru MGMP. Hal tersebut yang menjadi kekhawatiran para guru yang ingin menerapkan ELPSA tetapi tidak bisa di semua materi karena keterbatasan waktu sedangkan materi harus tuntas. Saat hal tersebut ditanyakan kepada Prof. Nurdin, beliau menjelaskan sebenarnya melalui ELPSA siswa dapat belajar bagaimana belajar (learn how to learn). Guru mengajarkan siswa bagaimana membangun konsep, memahami konsep, hingga mengaplikasikan konsep. Apabila kebiasaan belajar ini dibangun terus menerus, maka siswa akan terbiasa melakukannya sehingga guru tidak perlu memaparkan semua materi. Guru bisa memilih materi yang membutuhkan penjelasan terperinci untuk setiap tahap E, L, P, S, A karena materi tersebut sulit misalnya, guru juga bisa memilih materi yang tidak perlu dijelaskan detailnya dengan ELPSA karena lebih mudah dipahami oleh siswa, atau guru bisa menugaskan siswa mempelajari materi sendiri atau berkelompok dengan cara ELPSA. Siswa akan bisa dengan sendirinya mengontruksikan konsep tanpa bantuan guru sekalipun karena telah terbiasa melakukan pola tersebut melalui ELPSA.

Penjelasan Prof. Nurdin ini menjawab bagaimana menyiasati ELPSA yang memang membutuhkan waktu dalam penerapannya. “Kita semua hanya belum terbiasa dan memang semua membutuhkan waktu. Apabila guru sering menerapkan ELPSA maka guru akan semakin mahir. Apabila siswa sering dibelajarkan dengan ELPSA maka siswa akan semakin mahir pula belajar dengan ELPSA baik saat didampingi guru maupun tidak” demikian penjelasan lanjutan Profesor yang berkompeten di bidang pengembangan model pembelajaran. Tujuan jangka panjang framework ELPSA begitu menjanjikan bagi perbaikan kualitas pendidikan matematika di Indonesia. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*