Home » article » Dual Mode

Dual Mode

2Framework ELPSA telah tersebar di Nusa Tenggara Barat  (NTB) dalam tiga tahun terakhir. Sejak pelatihan pertama pada tahun 2015 kemudian menyebar melalui MGMP guru matematika. Sampai saat ini, framework ELPSA dinilai mampu memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah. Lalu, bagaimanakah selanjutnya?

“Berdasarkan keinginan menjaga kesinambungan proyek, maka paket pembelajaran guru di MGMP ditransformasikan ke dalam bentuk online” ungkap Dr. Sitti Maesuri Patahuddin. Dual Mode merupakan sistem berbasis web yang digunakan untuk mewujudkan pembelajaran online tersebut. Modul versi cetak yang telah dikembangkan sebelumnya dikonversi menjadi bentuk online.

Uji coba Dual Mode menjadi salah satu kegiatan pelatihan di Canberra. Uji coba modul 1 dan modul 2 dilakukan dengan membagi peserta menjadi dua peran, sebagian menjadi fasilitator dan sebagian lainnya menjadi guru. Sebelum dan setelah uji coba, para peserta harus melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Tes tersebut meliputi pengetahuan konten matematika dan pedagogik.

Menurut Rustam Effendi, S.Kom., MT. selaku tim pengembang dual mode, berdasarkan uji coba perlu dilakukan perbaikan meliputi penyesuaian alur aktivitas dan fitur agar lebih efektif. Dual mode masih dalam proses penyempurnaan hingga akhirnya nanti dapat dimanfaatkan oleh para guru tidak hanya di NTB tetapi Indonesia pada umumnya. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>