Home » article » BELAJAR MENULIS SINGKAT

BELAJAR MENULIS SINGKAT

Ibu Sitti Maesuri Patahuddin melalui akun fb nya mengajak dan mengarahkan kita semua untuk terus menulis sebagai berikut :

Mari belajar menulis singkat. Kalimat singkat tapi pesan inti tersampaikan.
Contoh:
Tulisan asli:
Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMPN 3 Tanjung tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan dengan difokuskan terhadap 15 siswa dengan kemampuan yang dikategorikan dalam 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. (50 kata)
Saran revisi:
Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VII (17 laki-laki dan 16 perempuan). Namun tulisan ini hanya berfokus pada 15 siswa yang mewakili 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. (30 kata)

Kalimat normatif perlu dihindari dalam karya ilmiah. Khususnya karena makalah ELPSA dibatasi maksimal 8 halaman dan ini sudah termasuk Daftar Pustaka.

Jadi para penulis – Sebaiknya pikirkan hal terpenting apa yang perlu ditulis dan mengapa Anda perlu menuliskannya.

Contoh kalimat yg bisa dihilangkan dari makalah:
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 angka 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Selain itu, dalam Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses menyatakan bahwa Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (@ismail).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*