Home » article » Antusiasme Siswa-siswi Mengikuti Pembelajaran Berdesain ELPSA yang Dirancang Peserta MGMP

Antusiasme Siswa-siswi Mengikuti Pembelajaran Berdesain ELPSA yang Dirancang Peserta MGMP

Siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar kelas

Siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar kelas

Pelaksanaan pelatihan MGMP tiap Kabupaten/Kota cukup berjalan lancar. Pada minggu keempat pelaksanaan paket 1, sudah memasuki modul 2 yakni mengenai desain pembelajaran ELPSA. Di dalam modul tersebut terdapat tugas in service learning dan tugas on service learning. Tugas in service learning adalah kegiatan tatap muka yakni tugas yang dikerjakan selama pelatihan pada setiap pertemuan. Bisa dikerjakan sendiri ataupun berkelompok, membaca ataupun mengerjakan LKG, sesuai rancangan aktivitas setiap modul. Sedangkan tugas on service learning merupakan tugas aplikasi lapangan yakni tugas yang dikerjakan di luar pertemuan seperti merancang RPP individu kemudian melakukan rancangan pembelajaran tersebut di kelas. Pada minggu kelima masing-masing peserta MGMP mengimplementasikasi RPP yang dirancang sesuai desain pembelajaran ELPSA.

Contoh RPP tentang Kesebangunan yang dirancang oleh salah satu peserta MGMP, Khairul Akbar

Contoh RPP tentang Kesebangunan yang dirancang oleh Khairul Akbar, salah satu peserta MGMP

Peserta MGMP dari berbagai Kabupaten/kota cukup bersemangat melaksanakan tugas on service learning tersebut. Salah satu peserta MGMP di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Khairul Akbar dari SMPN 2 Praya Barat Daya, mengimplementasikan RPP dengan desain pembelajaran ELPSA pada kelas IX. Berdasarkan informasi yang digali dari RPP peserta, kegiatan tersebut difokuskan pada topik kesebangunan menggunakan kurikulum KTSP. Tujuan pembelajarannya adalah memecahkan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan segitiga. Guru memberikan tugas berkelompok yaitu memperkirakan ukuran lebar lapangan upacara dengan menggunakan konsep kesebangunan segitiga. Siswa-siswi di sekolah yang sedang mengimplementasikan tugas on service learning tampak asyik mengerjakan tugas yang diberikan guru. Berbagai macam rancangan aktivitas pembelajaran dibuat. Siswa diajak belajar sambil bermain di luar kelas. Outdoor memberikan suasana yang menyenangkan untuk siswa agar tidak jenuh berada dalam ruangan. (RAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>