Home » article » Aktivitas Spatial Reasoning

Aktivitas Spatial Reasoning

Peserta pelatihan ELPSA tahap kedua atau disebut Cohort 1b mempelajari satu hal baru, yakni penalaran keruangan (Spatial Reasoning). Mereka mengembangkan keterampilan berpikir tersebut dalam pembelajaran ELPSA. Aktivitas pengembangan spatial reasoning atau kemampuan spasial ke dalam modul mulai dilakukan saat pelatihan di LPMP NTB, kemudian diperdalam lagi saat peserta berada di Canberra dengan aktivitas yang beragam.

elpsa8

Perlunya memiliki kemampuan spasial agar dapat memahami relasi dan sifat-sifat dalam geometri untuk memecahkan masalah matematika danĀ  masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya tanpa sadar kita sudah melakukan beberapa aktivitas spasial, misalnya petunjuk arah jalan terus, belok, ke utara, selatan, di atas, bawah, depan, belakang, samping, dan sebagainya.

Menurut Destina Wahyu Winarti, M.Si., M.Sc., salah satu cara untuk mengasah kemampuan spasial adalah bermain Game Tetris, jenis permainan menyusun balok yang disukai oleh banyak orang. Semakin sering kita memainkan Game Tetris maka kemampuan spasial kita akan semakin berkembang khususnya visualisasi dan rotasi. Hal ini karena kita harus berpikir cepat apakah geser kiri atau kanan, putar kiri atau putar kanan, atau membiarkannya langsung turun.

Salah satu aktivitas spasial yang dilakukan oleh guru di Canberra adalah membuat peta sebuah kafe. Dr. Sitti Maesuri Patahuddin menceritakan, para guru diajak ke sebuah kafe lalu mereka diminta untuk membuat peta kafe tersebut lengkap dengan petunjuk arahnya. Para guru dilatih mengembangkan kemampuan penalaran keruangannya agar dapat mengembangkan pembelajaran ELPSA pada materi geometri. Semangat belajar para guru matematika ini sangat tinggi. Bahkan saat sesi tatap muka telah berakhir, diskusi masih terus berlanjut di grup facebook ELPSA. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>