Home » article » Berkunjung Ke Kediaman Rektor Universitas Canberra

Berkunjung Ke Kediaman Rektor Universitas Canberra

elpsa6Guru Matematika SMP dan MTs Nusa Tenggara Barat peserta pelatihan ELPSA di Universitas Canberra beserta para pendamping mendapat sambutan hangat dan kehormatan luar biasa. Sebuah kehormatan diberikan kesempatan berkunjung ke kediaman Prof. Deep Saini, Rektor University of Canberra, sebuah perguruan tinggi ternama di Australia yang sudah mendunia.

Kehangatan dari Rektor kelahiran India ini mampu membuat suasana menjadi sangat rileks dan kekeluargaan sampai para guru NTB merasa tidak sedang berada di Australia. Dalam pertemuan tersebut, Prof. Saini  banyak bercerita tentang kisah hidupnya, bagaimana beliau lahir di India  dan dapat menjadi Rektor di Universitas Canberra. Semua proses yang dilalui dilakukan dengan tidak mudah.

Lahir di Pathankot, Punjab, Prof saini berkisah tentang ayahnya yang berasal dari keluaraga yang tidak mampu, tinggal disebuah dusun yang hanya mempunyai satu sekolah. Sekolah itu dibangun atas dasar inisiatif seorang guru yang memiliki dedikasi tinggi dan  jiwa pantang menyerah dalam membimbing anak-anak disekitar. Guru yang menjadi  inspirasi bagi semua orang termasuk ayah Prof Saini, sehingga bisa menjadi pegawai pemerintah dan beliau bisa menjadi seperti sekarang ini.

Tahun 1978  Prof saini datang ke Australia menjadi imigran dan memulai karir akademiknya di University of Alberta sebagai post-doctoral fellow, sebelum bergabung di Université de Montréal Prof saini menjabat sebagai direktur jendral dari Plant Biology Research Institute dan kemudian pindah ke University of Waterloo sebagai dekan Fakultas Lingkungan. Prof saini menyelesaikan gelar sarjana dan magister di Punjab Agricultural University di Ludhiana, India, Beberapa tahun kemudian melanjutkan studi gelar doktor di Plant Physiology  dari University of Adelaide.

Melihat ada peluang pemilihan Rektor di University Of Canberra, beliau mengikuti seleksi pemilihan Rektor. Pada tanggal 1 September 2016 Prof Saini menerima jabatannaya sebagai Fifth Vice-Chancellor dan President of the University of Canberra. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini  semua mungkin terjadi, pungkasnya. Kedatangan para peserta ELPSA di kediaman Prof Saini, diapresiasi oleh beliau dilihat dari tulisan beliau yang diiunggah pada akun facebook pribadinya, beliau menuliskan “TEACHERS MAKE LITTLE THINGS COUNT” The joy of hosting a reception at home for 25 Indonesian school educators, spending a month at UC for ‘Teacher Professional Development for Mathematics Education.'(indri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>